Welcome to the Netflix Partner Help Center. Have a question or need help with an issue? Send us a ticket and we'll help you to a resolution.

Narasi Tambahan berisi informasi yang relevan dengan plot, tetapi tidak bisa disampaikan hanya melalui dialog.

Informasi ini ditampilkan di layar melalui overlay teks agar intensi cerita tersampaikan secara utuh kepada pemirsa.

 

Mengapa ini penting dipahami?

Andalah yang bertugas menceritakan kisah. Andalah yang mengendalikan narasi dan penyampaian cerita kepada pemirsa. 

 

1. Teks di Layar ✏️

Teks di layar yang relevan dengan cerita harus diterjemahkan dan ditampilkan di layar. Lihat contoh berikut untuk mengetahui waktu yang tepat dan kurang tepat untuk menggunakan narasi tambahan:

 

Tanggal dan waktu perampokan Polisi

2023-02-28_19-23-10.png

Teks berbahasa Spanyol di layar diterjemahkan ke dalam bahasa Arab melalui narasi tambahan. Konteks ini penting untuk diketahui oleh pemirsa.

9CFB07BF-4840-485F-B96E-43E38A2FD62C__1_.jpg

Dari seragam dan tamengnya, kita sudah tahu mereka adalah polisi.

 

2. Dialog 🗣

Dialog yang diucapkan dalam bahasa lain yang TIDAK perlu atau TIDAK dimaksudkan untuk dipahami pemirsa. Contoh, bahasa tubuh dapat menunjukkan hal yang sedang terjadi. Contoh ketika narasi tambahan perlu ditambahkan dan tidak perlu ditambahkan:

 

Kendala Bahasa Bahasa tubuh

Dalam klip Emily in Paris dengan dubbing bahasa Turki ini, narasi tambahan dalam bahasa Turki muncul ketika pemilik bangunan berbicara dalam bahasa Prancis. Berkat narasi tambahan ini, pemirsa jadi bisa tahu adanya kesalahpahaman karena bahasa.

Dalam klip The Bourne Identity dengan dubbing bahasa Jepang ini, sekelompok pria terlihat sedang bermain kartu. Mereka berbicara dalam bahasa Italia dan tidak ada narasi tambahan di layar, tetapi narasi tambahan memang tidak diperlukan dalam kasus ini. Dialog dalam adegan ini tidak penting untuk alur cerita dan pemirsa dapat memahami semua konteks penting melalui perbuatan mereka.

 

3. Lirik Lagu 🎶

Narasi tambahan harus digunakan untuk lirik lagu yang penting bagi kemajuan alur cerita, atau yang mengungkapkan informasi tentang karakter. Berikut contohnya:

 

Penting bagi kemajuan alur cerita Konser

Narasi tambahan untuk lirik lagu ini menunjukkan ketidakharmonisan para karakter anak dengan orang tua mereka. Tanpa narasi tambahan ini, kita tidak akan dapat mengetahuinya.

Dalam klip Fanático dengan dubbing bahasa Inggris ini, Lorenzo terlihat sedang bernyanyi di konsernya. Liriknya tidak penting untuk kemajuan cerita, jadi narasi tambahan tidak perlu ditampilkan.

 

Lagu hanya boleh dibuatkan narasi tambahan jika hak-hak terkait sudah diberikan. Selalu pastikan perizinan terkait hak lagu dengan perwakilan Dubbing Netflix.

 

4. Rekaman Arsip 🕓  

Narasi Tambahan dapat digunakan untuk Rekaman arsip demi mempertahankan keaslian, keutuhan, dan elemen historis yang ingin ditunjukkan.

 

Keaslian

Dalam klip Monsters Inside dengan dubbing bahasa Italia ini, narasi dan perkataan pembicara di-dubbing, tetapi rekaman arsipnya tidak dan justru diberi narasi tambahan.

 

Ingat 🧠

Saat memasukkan narasi tambahan ke skrip, selalu prioritaskan pemirsa dan kisah yang ingin diceritakan. 

Pastikan terlebih dahulu kegunaan narasi tambahan yang akan dicantumkan. Andalah yang paham cerita Anda. Gunakan narasi tambahan seperlunya saja

 

Was this article helpful?
0 out of 0 found this helpful